Skip to main content

Lemang Batok Dan Kue Kacang Oleh-oleh Khas Tebing Tinggi

Lemang batok atau biasa juga disebut dengan lemang bambu merupakan makanan serta oleh-oleh khas dari Kota Tebing Tinggi. Dan berjarak tempuh sekitar 82 kilometer dari Kota Medan. Yang menjadikan Kota Tebing Tinggi sebagai salah satu jalur lintas Sumatera Utara. Kota yang mempunyai maskot burung beo ini sangat terkenal dengan oleh-oleh khasnya, berupa lemang.

Lemang Batok atau Lemang Bambu khas Kota Tebing Tinggi sudah pasti lezat rasa nya. Jika Anda datang berkunjung kesana, pasti Anda pengen tau kan dimana bisa membeli dan merasakan makan khas Tebing Tinggi tersebut.


Tidak perlu repot dan sulit untuk mencari alamat dari lokasi tempat jajanan lemang ini dijual, Anda cukup mengarahkan kendaraan Anda menuju ke Jalan K.H. Ahmad Dalan. Tepat di depan Mesjid Raya Tebing Tinggi, yang akrab di sebut Chop Api. Nah, di sana lah Anda akan melihat deretan lapak para penjual lemang batok ini.

Lemang Batok Dan Kue Kacang Oleh-oleh Khas Tebing Tinggi

Aroma yang khas dan rasa nya yang gurih serta manis. Yang akan menggoda Anda untuk segera membeli dan tak sabar untuk menyicipi kelezatan dari lemang tersebut. Anda juga bisa menyantap lemang dengan memadukan selai sebagai pasangannya. Diantaranya dengan selai srikaya maupun selai kacang serta selai durian. Yang menjadi pilihan favorit para pembeli lemang di lokasi ini.


Bahan utama pembuatan lemang sangat mudah untuk di dapat. Bahan nya terdiri dari pulut. Tak hanya pulut, santan juga masuk sebagai bahan pembuatan lemang. Pulut yang digunakan dalam pembuatan lemang ini ada dua jenis, yaitu pulut hitam dan pulut putih. Lemang tersebut membuatnya cukup mudah kok. Dengan cara masukkan pulut yang direndam air kedalam potongan bambu yang sudah dilapisi daun pisang muda. Isi sampai bambu hampir penuh dan tambahkan santan ke dalamnya. Kemudian potongan bambu yang sudah di isi pulut dan santan di dirikan sejajar di sekitar api yang sudah menyala. Setelah dibiarkan dipanggang sampai kering maka lemang sudah mateng dan bisa dinikmati.

Lemang Batok Dan Kue Kacang Oleh-oleh Khas Tebing Tinggi

Selain bahan utama pembuatan lemang yang beraneka macam jenis. Ternyata harga dari lemang batok ini juga bermacam-macam. Harga nya mulai dari kisaran Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 per batang nya.


Nah, perlu Anda ketahui bahwa bukan lemang batok saja yang menjadi oleh-oleh khas Tebing Tinggi. Ada juga makanan khas yang bernama kue kacang yang tak kalah terkenal dari lemang batok. Rasa nya yang lezat dan tekstur nya yang lembut membuat kue kacang ini banyak di minati wisatawan yang datang ke Kota Tebing Tinggi.

Lemang Batok Dan Kue Kacang Oleh-oleh Khas Tebing Tinggi

Kue kacang ini terbuat dari tepung roti dan juga kacang. Jika Anda memakan kue kacang ini, Anda tak perlu heran karna tidak melihat kacang dengan bentuk utuh di dalam isi kue nya. Karna proses pembuatan nya kacang harus di halus kan terlebih dahulu.

Kacang yang digunakan juga bermacam-macam. Ada kacang hijau, kacang merah, dan ada juga kacang hitam. Bentuknya seperti lingkaran, kecil, dan agak rata itu sangat praktis untuk dimakan kapan saja. Cocok juga jika disertai dengan cemilan lainnya.

Tergoda untuk menyantap Oleh-oleh Khas Kota Tebing Tinggi ini? Segeralah berkunjung kesana, jangan lupa untuk mengajak teman, pasangan dan keluarga Anda. Agar perjalanan Anda lebih menyenangkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar